DI BONGGO ,BERTHUS KYEU-KYEU MENGEMBANGKAN TANAMAN JARAK PAGAR UNTUK BIOENERGI

 

BAPAK BERTHUS KYEU-KYEU .PELOPOR TANAMAN JARAK DI BONGGO

BONGGO ; BULAN SEPTEMBER 2010

Bonggo. Kabupaten Sarmi,Provinsi Papua.Sangat berpotrnsi untuk pengembagan tanam jarak pagar.dalam upaya pengembangan bioenergi terbarukan di wilayah papua dan sekitarnya.hal ini terbukti setelah salah satu Toko  Masyarakat Bonggo ..BERTHUS KYEU-KYEU. Memotori diri untuk mengembangkan tanam jarak pagar dan di kembangkan dengan luas lahan 10 hektar,dan di lanjutkan oleh petani dan masyarakat kini pak Berthus sapaan masyarakat bonggo yang lazim. Dan para petani dan masyarakat bonggo yang menanam buah jarak pagar sudah dapat di panen,walaupun hasil panem tersebut melimpah karna sudah 3 (tiga) kali di panem dan hasil panen tersebut masi di gunakan sendiri untuk keperluan sehari-hari menggatikan bahan bakar lainnya seperti minyak tanah dan kayu bakar…

Sementara ini pak berthus hanya bias memberikan bantuan kepada masyarakat dan petani di sekitar bonggo dengan kompor yang di datangkan dari luar papua..

Pak berthus sangat berharap ada perhatian dari pemerintah daerah dan pusat untuk lebih memperhatikan usaha masyarakat bonggo yang mengembangkan tanam jarak pagar guna melestarikan bumi kita ini dan lebih khususnya meningkat perekonomian masyarakat bonggo.

Karna kedepannya…pak berthus mengharapakan bonggo terlepas dari pemakain minyak tanah dan kayu bakar dan menjadi suatu daerah di mana mereka dapat memproduksi sumber energy mereka sendiri.dan dengan sendirinya menjadi daerah percontohan pengembangan energy terbarukan….(ralien)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: