Polemik Sekretaris KPU Selesai, Pencairan Diteruskan

 

 

Ditulis oleh (Che/jer/LO1)   

Senin, 11 Juli 2011 16:47

SUMBER :
http://www.bintangpapua.com/sarmi/12542-polemik-sekretaris-kpu-selesai-pencairan-diteruskan

 

SARMI—Pembahasan pelaksanaan pemilukada Kabupaten Sarmi kembali digelar antara Sekretaris Daerah Kabupaten Sarmi Patrias Samoa dengan Wakil Ketua II DPRD Sarmi Paul Palege, Ketua KPU Sarmi, ketua Panwas, Tim Rekonsiliasi, dan 2 kandidat, di Ruang Rapat Bupati, Kompleks Kantor Bupati, Petam, Senin (11/7).

Sebelumnya, pasca pertemuan Selasa (5/7) lalu, pencairan urung dilakukan karena ada persoalan di sekretariat KPU Kabupaten Sarmi menyangkut posisi sekretaris KPU. Patrias mengatakan kehati-hatian tersebut karena pihak KPU menginginkan pergantian Sekretaris Yohanis Mansi oleh Eduward Dimomonmau.

“Kami blokir dana karena status pengguna anggaran tidak jelas. Agar tidak ada tumpangtindih maka kita adakan pertemuan untuk menuntaskan persoalan siapa sekretaris KPU,” kata Patrias membuka pertemuan tersebut.

Menurut Sekda Patrias Samoa, Sekretaris KPU Yohanis Mansi yang dipersoalkan oleh KPU Kabupaten Sarmi tidak bisa diganti karena specimen tanda tangan yang ada di Bank Papua masih atas nama Yohanis Mansi.

Ketua KPU Kabupaten Sarmi Heskiel Mansi tetap bersikukuh bahwa Peraturan Mendagri Nomor 44 tahun 2007 Pasal 20 menjadi dasar bagi KPU. “Ketua KPU Kabupaten/kota dan ketua panwaslu kabupaten/kota masing-masing menetapkan bendahara dan Sekretaris KPU/Panwaslu selaku atasan langsung bendahara,” kata Heskiel.

Ketua Tim Rekonsiliasi Pendeta Robbi Depondoye menilai penggunaan Permendagri Nomor 44 Tahun 2007 keliru. Menurutnya, persoalan siapa yang punya kuasa atas penggantian ada di Permendagri Nomor 13 Tahun 2006. Penunjukan Kuasa Bendahara umum daerah (BUD) ditetapkan dengan keputusan kepala daerah.

“Atas dasar itu saya menilai KPU sudah dimuati kepentingan. Tugas KPU mengurusi pelaksanaan tahapan pemilukada bukannya mengurus keuangan. Saya minta Eduward dikembalikan ke tugas awalnya,” tandas Robbi.

Akhirnya pertemuan menyepakati tidak ada pergantian sekretaris KPU Kabupaten Sarmi. Patrias menjanjikan setelah pertemuan selesai, sekira pukul 13.30 WIT, dana hibah sebesar Rp 10 miliar akan dicairkan ke rekening KPU Kabupaten Sarmi.

Mengenai kinerja Yohanis Mansi, Patrias mengakui ada banyak kekurangan dengan sekretaris saat ini. “Saya sudah berikan teguran dan minta agar berkerja dengan baik. Terutama laporan pertanggujawaban,” ujar Patrias. Sementara itu, Heskiel menjanjikan setelah dana masuk ke rekening KPU, dalam 47 hari kerja seluruh tahapan pemungutan suara terlaksana. (Che/jer/LO1)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: