DPR RI DORONG PENGEMBANGAN ENERGI TERBARUKAN

Kamis, 24 Juni 2010 15:34

SUMBER : http://www.bppt.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=471:dpr-ri-dorong-pengembangan-energi-terbarukan&catid=58:teknologi-material

 

 

Terkait dengan Kebijakan Energi Nasional, pemerintah telah menetapkan tujuh pokok arah kebijakan energi. Ketujuh pokok arah kebijakan tersebut adalah Arah Kebijakan Energi Minyak dan Gas Bumi, Arah Kebijakan Batu bara, Arah Kebijakan Energi Terbarukan, Arah Kebijakan Energi Terbarukan Bahan Bakar Nabati (BBN), Arah Kebijakan Energi Terbarukan Panas Bumi, Arah Kebijakan Energi Terbarukan Surya, Arah Kebijakan Energi Terbarukan PLT Tenaga Laut dan Arah Kebijakan Energi Terbarukan Nuklir.Untuk itu, Komisi VII DPR RI telah melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke PT LEN Industri dalam tujuannya meninjau perkembangan kerjasama yang dilakukan oleh BPPT dan PT LEN Industri, Rabu (23/6) di Bandung.

Seperti yang diungkapkan Ketua Tim Delegasi DPR RI Komiai VII, Teuku Riefky Harsya dalam sambutannya, bahwa baik pemerintah maupun DPR RI, terus mendorong dikembangkannya energi alternatif kelistrikan, sesuai dengan arah kebijakan energi yang telah ditetapkan.

Menanggapi hal tersebut, Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Informasi, Energi dan Material (TIEM), Unggul Priyanto mengatakan bahwa BPPT dan PT LEN Industri telah melakukan kerjasama bidang energi terbarukan khususnya pengembangan pembangkit listrik tenaga matahari atau solar cell photovoltaic, namun baru pada tahap hilir. 

”Kita sangat mendukung keinginan pemerintah untuk terbangunnya pabrik photovoltaic yang terpadu. Sesuai dengan kompetensinya, BPPT akan melakukan research development, dan PT LEN Industri akan menjadi manufakturnya. Apabila itu dapat direalisasikan, maka kita akan dapat bergerak tidak hanya di hilir tetapi juga di hulu”, jelas Unggul.

Senada dengannya, Direktur Utama PT. Len Industri, Wahyuddin Bagenda, mengatakan bahwa pihaknya mendukung BPPT untuk bergerak ke arah hulu. ”Artinya kita memerlukan pabrik manufaktur sebagai teknologi pendukung di dalamnya”, imbuh Wahyuddin.

Lebih lanjut ia mengatakan, dengan adanya kunjungan ini diharapkan DPR dapat mendukung pemerintah dalam merealisasikan kebijakan yang telah dikeluarkan terkait dengan renewable energy. Ã¢â‚¬ÂEkonomi pembangunan industri juga akan dapat dicapai dengan adanya dukungan dari DPR melalui BPPT”, ujarnya.

Hadir dalam acara Direktur Pusat Konversi dan Konservasi Energi BPPT, Arya Rezavidi serta jajaran Direksi PT. Len Industri. Acara dilanjutkan dengan peninjauan fasilitas yang ada di PT LEN Industri. (JP/humas)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: