Pemerintah harus percepat pengembangan energi terbarukan

Oleh BisnisJabar.com on 28 March , 2011

         

Oleh Suhervandri

SUMBER : http://bisnis-jabar.com/index.php/2011/03/pemerintah-harus-percepat-pengembangan-energi-terbarukan/

 


BANDUNG (bisnis-jabar.com): Pemerintah didesak segera mempercepat pengembangan energi terbarukan bahan bakar nabati (BBN) untuk mengurangi ketergantungan konsumsi bahan bakar fosil.

Tatang H. Soerawidjaja, Kepala Pusat Penelitian Energi Berkelanjutan ITB mengatakan pengembangan dan pemanfaatan komersial BBN merupakan suatu keharusan dan tidak bisa dihindari.

“Biomassa yang bersumber dari bahan organik berumur relatif muda bisa diproses menjadi BBN dan listrik hayati dimana pengembangannya sangat diperlukan, bahkan dapat dikatakan urgent,” kata dia.

Sumber daya listrik terbarukan, lanjutnya, jauh lebih berlimpah dari sumber daya bahan bakar terbarukan. Hal ini mendorong perlu adanya teknologi yang bisa mengonversi listrik terbarukan menjadi bahan bakar.

Tatang mempredikasikan, sampai 2035, pengembangan industri BBN akan menjadi salah satu dinamika utama sektor energi di seluruh dunia.

Hal ini akan mendorong adanya pengembangan teknologi konversi listrik terbarukan menjadi bahan bakar dalam bentuk cair yang berfungsi sebagai sumber energi sekunder yang fleksibel (mudah dikonversi ke aneka bahan bakar lain).

“Pengembangan bahan bakar terbarukan yang berasal dari laut lepas/pantai merupakan jawaban dari konversi sumber daya listrik menjadi sumber daya bahan bakar,” ujarnya.

Hal itu karena laut menyediakan permukaan yang jauh lebih luas untuk menyadap sumber-sumber energi terbarukan disbanding daratan.

Dia mengatakan dalam jangka pendek dan menengah, akan terjadi produksi dan pemanfaatan aneka BBN serta pemanfaatan listrik dari sumber daya terbarukan di daratan.

Selain itu, pada masa itu pula, reduksi elektrokimia serta pengaplikasian bahan bakar fosil yang bersih polusi seperti yang berlangsung sekarang.(ajijah/hh)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: