IBM: PC Akan Bernasib Sama Seperti Mesin Ketik

Ahmad Taufiqurrakhman – Okezone
Jum’at, 12 Agustus 2011 11:05 wib
 9  15Email0
detail berita

Ilustrasi (gambar: pcmediainc.com)

CALIFORNIA – Personal computer (PC) ditakdirkan untuk bergabung dengan teknologi ‘kuno’ lainnya seperti mesin ketik, kaset tape, dan lain-lain, ungkap salah seorang petinggi IBM dalam sebuah postingan blog.

“Saya pribadi telah berpindah dari PC, komputer utama saya saat ini adalah tablet,” tulis Mark Dean, Chief Technology Officer di IBM. Demikian dikutip dari Pocket-Lint, Jumat (12/8/2011).

“Ketika saya membantu mendesain PC, saya tidak berpikir bahwa nantinya saya bisa melihat penurunan minat atas PC. Meski PC akan terus menjadi perangkat yang berguna, namun perangkat tersebut sudah tidak lagi menjadi pemimpin di dunia komputasi. PC akan bernasib sama seperti mesin ketik, piringan hitam, kaset, dan lain-lain,” ungkapnya.

Postingan dari petinggi IBM tersebut juga merupakan introspeksi dari perayaan 30 tahun peluncuran Personal Computer pertama dari IBM, yang mengambil tanggal 12 Agustus. PC sendiri disebut-sebut sebagai mesin yang menjadi nenek moyang dari semua perangkat komputasi modern.

Pernyataan dari Dean ini juga seperti menyambung lidah Steve Jobs. Karena di acara konferensi D8 tahun 2010, Jobs mendeskripsikan era ‘post-PC’. Membandingkan PC dan tablet, seperti truk dengan mobil.

Saat ini penjualan PC memang terus menurun, sementara tablet terus tumbuh angka penjualannya. Namun menurut Dean, penurunan penjualan PC tidak disebabkan oleh tablet.

“Posisi PC tergeser di pasar perangkat komputasi bukan karena hadirnya jenis perangkat lain, meski ada ketertarikan yang besar saat ini untuk ponsel pintar dan tablet,” jelas Dean.

Dean memaparkan bahwa saat ini inovasi berkembang bukan hanya berdasarkan pada perangkat saja, melainkan juga pada ruang sosial yang ada di sekelilingnya, di mana masyarakat dan teknologi berinteraksi. “Hal inilah yang menjelaskan mengapa komputasi bisa memiliki dampak yang kuat pada ekonomi dan masyarakat,” paparnya.
(ATA)

 

SUMBER : http://techno.okezone.com/read/2011/08/12/324/491186/ibm-pc-akan-bernasib-sama-seperti-mesin-ketik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: