Mobil Berbahan Bakar Tenaga Nuklir


Sandy Adam Mahaputra

SENIN, 5 SEPTEMBER 2011, 14:46 WIB

VIVAnews – Pencarian bahan bakar alternatif  terus dilakukan seiring terus menipisnya cadangan minyak bumi. Bahkan, para ilmuwan di perusahaan penelitian dan pengembangan Laser Power System telah mengembangkan bahan bakar dari tenaga nuklir untuk mobil.

Seperti dilansir Autoblog, Senin 5 September 2011, sistem bahan bakar ini menggunakan generator listrik turbin yang digerakkan laser berbasis thorium (logam radio aktif ringan dengan bobot atom 90).  Prinsip kerjanya pun sangat sederhana. Thorium digunakan untuk membangkitkan panas yang menghasilkan uap dalam siklus tertutup.

Uap itu kemudian menggerakkan generator pembangkit listrik. Karena hanya membutuhkan lembaran tipis aluminium foil guna mencegah radiasi bocor, sehingga reaktor mini ini sangat aman digunakan sebagai pembangkit tenaga kendaraan.

Menurut penemunya, Charles Stevens, setiap gram thorium memiliki energi yang setara dengan 28.390 liter bensin. Dengan 8 gram thorium dapat menjalankan mobil rata-rata untuk 5.000 jam atau setara dengan jarak tempuh 480.000 km atau melewati usia pakai ideal kendaraan itu sendiri.

Sebelumnya, Cadillac pernah memperkenalkan mobil konsep bertenaga thorium di Chicago Auto Show 2009 lalu yang dirancang oleh Lorus Kulesus.

Kendaraan tersebut memang belum memiliki reaktor pembangkit tenaga nuklir dari Thorium yang benar-benar berfungsi. Tetapi, General Motors telah memikirkan sebuah ide menarik untuk membuat dan memamerkan konsep mobil ini. (eh)

www.vivanews.com 
http://otomotif.vivanews.com/news/read/244752-mobil-berbahan-bakar-tenaga-nuklir 
Dipublikasikan : Senin, 5 September 2011, 14:46 WIB 
©VIVAnews.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: